-->

Simak Ini !!! Rahasia Resep dan Cara Masak Sambel Tumpang

Rahasia Resep dan Cara Masak Sambel Tumpang khas Jawa - Bunda kali ini kita akan membagi resep sambel yang berbeda dari sambel biasanya . Resep ini sebenarnya berasal dari daerah Jawa dan mungkin sudah di kenal ke berbagai daerah karena rasanya yang berbeda dari sambel pada umumnya Sambel tumpang ini menggunakan santan dan ada bahan yang tidak boleh ketinggalan yaitu tempe lanas karena ini yang menjadi khas dari rasa sambel tumpang itu sendiri .Sambel tumpang sendiri dalam penyajiannya biasanya menggunakan sayuran seperti kacang panjang , wortel yang di rebus terlebih dahulu atau sesuai dengan selera anda .




masakan khas jawa,masakan khas sunda,masakan khas betawi,masakan khas padang,masakan khas medan,masakan khas aceh,masakan khas jogja,masakan khas surabaya,masakan khas lampung.

Bunda sambal tumpang hampir mirip dengan sambal oncom,namun kalau sambal tumbang kuah yang ketal dan banyak,dengan di taburi krupuk kulit,atau kalau orang jawa bilang krupuk krecek atau brabasan,krupuk berasal dari kulit sapi,mudah kok di temukan di pasar - pasar tradional,berikut resep dan cara membuatnya .

Rahasia Resep dan Cara Masak Sambel Tumpang khas Jawa


Bahan bahan ;
1 papan tempe yang sudah lanas
2 papan tempe yang masih bagus
5 buah cabe rawit / kalau pengin prdas sesuai selera
3 buah cabai merah besar
1 ruas kencur
5 buah bawang merah
2 siung bawang putih
2 lembar daun salam
1 ruas lengkuas
1ons kerupuk krecek / kerupuk kulit
2 gelas santan kental
2 gelas air
gula , garam dan penyedap secukupnya
minyak secukupnya

Cara membuat ;
1.Kita rebus tempe yang lanas dan yang bagus beserta bawang merah , bawang putih , cabe rawit , cabe merah dan kencur sampai matang , tiriskan jangan di buang airnya .
2.Haluskan cabe merah , cabe rawit , bawang merah , bawang putih , kencur dan tumis sampai harum .Haluskan tempe masukkan tambahkan daun salam , lengkuas , air dari sisa rebusan tempe , gula garam dan penyedap lalu masukkan santan
Ternyata ini lho resep Rahasia masak jengkol biar tidak Bau
Demikian Rahasia Resep dan Cara Masak Sambel tumpang , anda bisa menyajikan menu ini untuk makan siang anda dan akan lebih nikmat di lengkapi sayuran kacang panjang , wortel yang di potong seperti korek api lalu kita rebus ataupun sayuran sesuai selera anda . Rasanya lebih nikmat daripada sambal yang biasa kita buat karena ini memakai santan dan tempe yang sudah lanas juga di tambah krecek atau krupuk kulit .terkait penelusuran masakan khas jawa,masakan khas sunda,masakan khas betawi,masakan khas padang,masakan khas medan,masakan khas aceh,masakan khas jogja,masakan khas surabaya,masakan khas lampung.

Advertisement
Simak Ini !!! Rahasia Resep dan Cara Masak Sambel Tumpang